Minggu, 06 Maret 2011

Matematikawan Penemu Rumus Matriks

Arthur
 CayleyArthur Cayley merupakan seorang ahli matematika berkebangsaan Inggris. Dia merupakan orang pertama yang menemukan rumus matriks. Arthur Cayley lahir di Richmond, London, Inggris, pada tanggal 16 Agustus 1821. Ayahnya, Henry Cayley, adalah sepupu jauh dari Sir George Cayley sang inovator aeronautics engineer, dan diturunkan dari keluarga Yorkshire kuno. Ia menetap di Saint Petersburg, Rusia, sebagai seorang pedagang. Ibunya Maria Antonia Doughty, putri William Doughty. Menurut beberapa penulis ia Rusia, tapi nama ayahnya menunjukkan asal Inggris. Kakaknya adalah linguis Charles Bagot Cayley. Arthur menghabiskan delapan tahun pertamanya di Saint Petersburg. Pada 1829 orang tuanya menetap di Blackheath, dekat London.

Arthur dikirim ke sebuah sekolah swasta. Dia awal menunjukkan keinginan besar untuk, dan bakat dalam, perhitungan numerik. Sebagai seorang anak, Cayley menikmati memecahkan masalah matematika yang kompleks untuk hiburan. Ia masuk Trinity College, Cambridge, di mana ia unggul dalam matematika Yunani, Perancis, Jerman, dan Italia, serta. Pada usia 14 ia dikirim ke King's College Sekolah. Sang guru sekolah diamati indikasi genius matematis dan menyarankan ayah untuk mendidik anaknya tidak untuk bisnis sendiri, seperti yang dimaksudkan, tetapi untuk memasuki Universitas Cambridge. Pada usia 17 tahun, dia tinggal di Trinity College, Cambridge.

Cayley berhasil menemukan berbagai macam rumus senyawa kimia. Dia berhasil menemukan Teorema Cayley. Tutor Cayley di Cambridge adalah George Peacock dan pelatih pribadinya adalah William Hopkins. Ia menyelesaikan program sarjana dengan memenangkan tempat Senior Wrangler, dan hadiah Smith pertama. Langkah berikutnya adalah untuk mengambil gelar MA, dan memenangkan Fellowship dengan pemeriksaan kompetitif. Dia terus berada di Cambridge selama empat tahun, selama waktu itu dia mengambil beberapa murid, tapi pekerjaan utamanya adalah persiapan 28 memoir untuk Journal Matematika.

Dia membantu mendirikan sekolah di Inggris modern matematika murni. Dia bekerja sebagai pengacara selama 14 tahun. Ia membuktikan teorema Cayley-Hamilton-bahwa setiap matriks persegi akar polinomial karakteristik sendiri. Dia adalah yang pertama untuk mendefinisikan konsep grup dengan cara modern-sebagai satu set dengan operasi biner memuaskan hukum tertentu. Dahulu, ketika matematikawan berbicara tentang "kelompok", mereka berarti kelompok permutasi.

Pada tahun 1889 Cambridge University Press meminta dia untuk menyiapkan makalah matematika untuk publikasi dalam permintaan-dikumpulkan membentuk yang ia dihargai sangat banyak. Mereka dicetak dalam volume kuarto megah, yang tujuh muncul dengan keredaksian sendiri. Saat mengedit buku ini, ia menderita penyakit internal menyakitkan, yang ia menyerah pada tanggal 26 Januari 1895, pada tahun ke-74 dari usianya. Ketika pemakaman berlangsung, suatu kumpulan besar bertemu di Trinity Chapel, terdiri dari anggota Universitas, perwakilan resmi dari Rusia dan Amerika, dan banyak filsuf yang paling terkenal dari Inggris.

Sisa kertas itu telah diedit oleh Prof Forsyth, penggantinya di Kursi Sadleirian. The Dikumpulkan Matematika nomor tiga belas volume kertas kuarto, dan mengandung 967 kertas. Cayley ditahan ke menyukai terakhir untuk novel-membaca dan untuk bepergian. Dia juga merasakan kesenangan khusus dalam lukisan dan arsitektur, dan ia berlatih melukis air-warna, yang bermanfaat kadang-kadang dalam membuat diagram matematika. Dia wafat pada tahun 1895. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar