Minggu, 06 Maret 2011

Penemu Simbol Penjumlahan dan Pengurangan

Johan Widman atau Johannes Widmann yang lahir tahun 1460 adalah seorang matematikawan Jerman yang merupakan seorang Penemu Simbol penjumlahan juga simbol pengurangan. Kedua simbol ini diperkenalkannya pada tahun 1489 dalam bukunya yang berjudul Merchantille Arithmetic. Tetapi dalam isi bukunya ia tidak menjelaskan cara penggunaanya. Baru pada tahun 1514, Matematikawan Belanda bernama Van Der Hoecke menjelaskan penggunaan simbol penjumlahan dan pengurangan.

Johannes Widman (yang namanya juga ditulis sebagai Weideman atau Wideman) menghadiri Universitas Leipzig dan namanya muncul pada daftar yang terdaftar untuk semester musim dingin 1480 sebagai 'Iohannes Weideman de Egra'. Ia lulus dengan gelar pertama di 1482 dan dia terus belajar untuk mendapatkan gelar Master yang diperbolehkan untuk tinggal di luar asrama. Master's Degree diberikan di tahun 1485 dan kemudian ia mengajar di Universitas Leipzig pada dasar-dasar aritmatika, perhitungan pada baris, dan aljabar. Kuliah-kuliahnya diiklankan, dan mahasiswa diundang untuk hadir.

1486 kuliah aljabar Widman adalah yang pertama diberikan di Jerman pada topik itu, dan luar biasa masih bertahan di notebook seorang mahasiswa yang hadir. Widman digunakan notasi Cossist, seperti biasa pada waktu itu, membahas 24 jenis persamaan. Pendekatan ini biasa dalam hal itu berisi simbol untuk penambahan, pengurangan, dan akar kuadrat. Ia menilai perhitungan dengan bilangan irasional dan polinomial menjadi bagian dari aljabar, mempersiapkan murid-muridnya untuk studi ini dengan terlebih dahulu memperkenalkan mereka untuk fraksi dan proporsi.

Namun demikian, untuk aritmatika buku hupsche awal Behende und auf Rechnung kauffmanschafft allen, yang diterbitkan di Jerman pada 1489, yang Widman paling diingat. Buku ini telah menjadi terkenal karena berisi penampilan pertama dari + dan - tanda untuk penambahan dan pengurangan. Ini adalah contoh awal dari sebuah buku aritmatika dicetak dan lebih baik dibandingkan sebelum dalam memiliki lebih banyak contoh dan juga lebih luas contoh berguna. Buku ini terdiri dari tiga bagian: bagian pertama adalah pada perhitungan dengan bilangan bulat, yang kedua adalah pada proporsi, sedangkan bagian ketiga adalah pada geometri. Sebuah Volodarskii Aku, meninjau, menulis: -

Sekitar akhir periode Abad Pertengahan, perubahan dan modifikasi terjadi dalam pengembangan pertambangan dan metalurgi yang memiliki pengaruh yang besar pada kehidupan ekonomi. Semua ini menyebabkan peningkatan sirkulasi moneter dan perubahan dalam metode aritmatika praktis. Pada tahap pertama, perdagangan dikurangi menjadi barter. Aturan matematika dan masalah-masalah praktis tentang barter yang diberikan ... dalam risalah Widman, Pellos, Pacioli, De la Roche, Ries, Rudolff, Tartaglia, dan Cardan. Secara bertahap barter digulingkan dari praktek sehari-hari dan masalah-masalah matematika yang sesuai juga lenyap dari alat bantu pelatihan. ... metode lain pedagang untuk perhitungan praktis, tabel yang disebut (atau tabel) metode ... juga dijelaskan oleh Widman. ... Aturan rantai telah digunakan lebih lama daripada metode pedagang lain yang diluar perhitungan. Hal ini dapat ditemukan di [buku Widman's].

Popularitas buku Widman bisa dilihat dari kenyataan bahwa itu dicetak ulang pada 1508 di Pforzheim, pada tahun 1519 di Hagenau dan tahun 1526 di Augsburg. Perhatikan juga bahwa menjadi dicetak ulang di beberapa tempat berbeda menunjukkan bahwa itu populer selama sebagian besar dari dunia berbahasa Jerman. Setelah 1526 pekerjaan itu digantikan oleh sebuah buku aritmatika oleh Adam Ries dan kemudian oleh karya-karya selanjutnya dari penulis lain.

Tidak ada referensi langsung untuk Widman setelah 1489 tetapi percaya bahwa ia masih bekerja pada topik matematika sebagai sebagai akhir 1498. Bahkan ada diskusi apakah Widman tinggal di Annaberg sekitar 1500 yang akan relevan karena Adam Ries tinggal di sana sekitar waktu itu. Widman mungkin penulis buku Algorithmus Linealis diterbitkan di Leipzig pada tahun 1489. Buku ini adalah karya dicetak tertua berisi instruksi untuk menghitung dengan bantuan sempoa. Widman pentingnya adalah bahwa dia diberikan salah satu aplikasi praktis pertama pengetahuan matematika yang, karena penemuan baru-baru ini dicetak, dibuat diakses lingkaran yang lebih luas yang sangat banyak pembaca daripada yang pernah dicapai sebelumnya.
You might also like:     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar