Sabtu, 10 Desember 2011

Contoh Paragraf Eksposisi

Cara Pembuatan Tempe
Siapa sih yang tidak mengenal tempe? Makanan asli Indonesia ini mudah kita dapatkan di mana-mana.Tapi banyak orang yang tidak tahu proses pembuatannya. Sebenarnya bagaimana sih cara pembuatan tempe itu?
Proses pembuatan tempe sebenarnya tidak sulit. Pertama kacang kedelai pilihan direbus sampai kulit kacangnya mengelupas. Kemudian kedelai yang sudah direbus itu ditiriskan dan direndam dalam air bersih selamasetengah hari.Setelah itu, kedelai rendaman tadi ditiriskan dan dicuci sampai bersih. Hal itu dilakukan berulang kali sampai kedelai terpisah dari kulitnya.
Di pabrik-pabri besar, pencucian kedelai dilakukan dengan mesin. Tetapi bagi pengusaha kecil atau produksi rumahan, kedelai dicuci dengan cara diinjak-injak sampai kedelai terpisah dari kulitnya. Setelah proses pencucian selesai,kedelai yang sudah bersih dikukus selama kurang lebih satu setengah jam. Setelah masak, kedelai diangkat dan di angin-anginkan. Setelah dingin barulah kedelai diberi ragi secukupnya.Lulu aduk hingga rata. Kemudian bungkus kedelai tadi sesuai selera. Dan tunggu satu sampai dua hari, kedelai itu akan berubah menjadi tempe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar